PERINGATAN HARI IBU KE-91 TAHUN 2019.

Bidang Pemberdayaan Perempuan, (23/12), Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten bersama stakeholder, organisasi perempuan dan Pemerintah Kabupaten Berau melaksanakan Peringatan Hari Ibu Ke-91, dengan tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Balai Mufakat, Jl. Apt. Pranoto, Kec. Tanjung Redeb, Kab. Berau. Kegiatan ini dihadiri 200 undangan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Berau (Bpk. H. Muharram, S.Pd, MM), dalam kesempatan ini beliau juga menyampaikan bahwa wanita adalah penentu warna generasi anak muda bangsa dan Allah SWT memberikan rasa kasih sayang kepada ibu untuk keberlangsungan hidup. Selain Bapak Bupati Berau (H. Muharram, S.Pd, MM), Ibu Ketua PKK Kabupaten Berau (Ibu Sri Juniarsih) menyampaikan juga dalam pidatonya, ” Pada peringatan hari ibu merupakan hal penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan dan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan”. Ibu Kepala Dinas PPKBPPPA Kab. Berau (Dr. Hj. Rohaini) dalam penyampaiannya, beliau menyampaikan sebuah pesan agar manusia untuk selalu berbuat baik kepada sesamanya apalagi kepada kedua orang tuanya, secara khusus ibunya.

Maksud dan tujuan kegiatan ini, sebagai berikut :

  1. Mewariskan nila-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama generasi muda, untuk mempertebal tekad dan kenyakinan dalam melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan dan membangun serta tekad untuk mewujudkan perdamaian yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai pengamalan Pancasila.
  2. Membangkitkan kepedulian masyarakat perspektif “Perempuan Berdaya” dapat dicapai dan dilakukan oleh setiap perempuan sebagai bentuk kesetaraan dalam peran yang bertujuan mewujudkan harmoni antara laki-laki dan perempuan.
  3. Mendorong terwujudnya kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  4. Mendukung penguatan karakter “Perempuan Berdaya” melalui sektor ekonomi, yaitu : Kewirausahaan perempuan sebagai salah satu solusi penurunan angka kekerasan terhadap perempuan meningkatkan peran keluarga dalam pendidikan anak, pencegahan perkawinan anak dan pencegahan pekerja anak.
  5. Meningkatkan peran serta instansi pemerintah dan non pemerintah mendorong kewirausahaan perempuan menjadi gerakan bersama yang dilaksanakan oleh Pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi perempuan, lembaga masyarakat pemerhati perempuan, akademi, dunia usaha, media massa serta masyarakat pada umumnya.

Adapun agenda kegiatan hari ini, yaitu : Pameran batik pada media kebaya dan jilbab yang dipamerkan, lomba kudapan ikan dan produk kerajinan tangan dari Desa Prima dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), penyerahan cendera mata dari ketua Tim pengerak PKK Kabupaten Berau, penyerahan penghargaan kepada Camat Teluk Bayur dan Kepala SMPN 5 Kab. Berau dan penyerahan hadiah juara 4 Nasional Gebyar Kemerdekaan kepada Kampung KB Maluang Sejati, Kampung Maluang, Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau.

 

Penulis : Henry Rizal Kambuno, A.Ma

 

Komentar

Print your tickets