PELATIHAN UNTUK MELAKUKAN FUNGSI SEBAGAI PELOPOR DAN PELAPOR (2P) SERTA PARTISIPASI ANAK DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN (PAPP) BAGI FORUM ANAK DAN FASILITATOR DI KABUPATEN BERAU , KALIAMANTAN TIMUR TAHUN 2019.

Bidang PPA, (23/8), Pada Hari Kamis – Jumat, 22-23 Agustus 2019, Kami dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Berau, bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan, melaksanakan Pelatihan Untuk Melakukan Fungsi Sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) Serta Partisipasi Anak Dalam Perencanaan Pembangunan (PAPP) Bagi Forum Anak dan Fasilitator Di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, yang dilaksanakan di Gedung Busak Malur, Jl. Pemuda, Kec. Tanjung Redeb, Kab. Berau, Kalimantan Timur. Adapun sumber dana dari kegiatan ini adalah melalui APBD Tahun 2019, Kegiatan Pemenuhan Hak Anak Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Berau.

Maksud dari kegiatan ini agar anak-anak memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam sebagai pelopor dan agen perubahan dalam pembangunan, sehingga forum anak diharapkan dapat menjadi orang yang bertahan dalam segala situasi dan kondisi serta mempunyai kemampuan yang dapat membantu dan mengajak orang lain di sekitarnya dapat turut serta dalam proses perubahan. Sedangkan, Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan peran forum anak daerah Kabupaten Berau, Kecamatan, Kelurahan dan Kampung sebagai agen perubahan, mengajak orang lain berkontribusi dan melakuakn advokasi untuk perubahan.

Jumlah peserta yang hadir pada kegiatan ini 65 (enam puluh lima) orang yang terdiri dari : : Forum anak kabupaten dan fasilitator 11 (sebelas) orang, forum anak kecamatan dan fasilitator 39 (tiga puluh sembilan) orang, forum anak kelurahan dan fasilitator 9 (sembilan) orang, dan forum anak kampung dan fasilitator 6 (enam) orang.

Hasil yang diharapkan dengan adanya pelatihan ini, agar menjadi wadah / tempat untuk mengatasi masalah atau meminimalisir permasalahan yang terjadi di lingkungan anak-anak dan remaja. Yang Kedua, dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta forum anak daerah kabupaten, kecamatan, kelurahan dan kampung menjadi agen pelopor dan pelapor (2P) terlatih di daerah masing-masing serta dapat mempublikasikan kegiatan forum anak daerah dengan baik.

Narasumber berasal dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yaitu Kepala Bidang Pemenuhan Hak Partisipasi Anak (Bpk. Skriptandono) dan Analisa Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Ibu. Devi Ayu Rizki).

Penulis: Henry Rizal Kambuno, A.Ma

Komentar

Print your tickets